Rubrik Penilaian Kognitif
Contoh sebuah rubrik penilaian
1. Contoh sebuah rubrik penilaian
Jawaban:
Bagaimana cara membuat rubrik penilaian?
1.Cara Membuat Rubrik: Pendahuluan.
2.Langkah-langkah Membuat Rubrik.
3.Langkah 1: Tentukan Tujuan Anda.
4.Langkah 2: Pilih Jenis Rubrik.
5.Langkah 3: Tentukan Kriteria Anda.
6.Langkah 4: Buat Tingkat Kinerja Anda.
7. Langkah 5: Tulis Deskriptor untuk Setiap Level Rubrik Anda.
2. Apa fungsi rubrik dalam penilaian ?
gydrthytygfrggfdgdgfgdfgtrgdfgdfgddgsiswa diharapkan secara jelas memahami dasar penilaian yang akan digunakan untuk mengukur suatu kinerja siswa. Kedua pihak (guru dan siswa) akan mempunyai pedoman bersama yang jelas tentang tuntutan kinerja yang diharapkan
3. apa yang di maksut rubrik penilaian autentik
Penilaian autentik adalah penilaian kinerja, termasuk di dalamnya penilaian portofolio dan penilaian projek. Penilaian autentik disebut juga penilaian responsif, suatu metode untuk menilai proses dan hasil belajar peserta didik yang memiliki ciri-ciri khusus, mulai dari mereka yang mengalami kelainan tertentu, memiliki bakat dan minat khusus, hingga yang jenius.
4. Bagaimana rubrik penilaian scientifik pada kurikulum 13?
Lebih ke aspek keterampilan dan sikap. Soalnya dalam kurnas siswa diajarkan menjadi aktif bukan guru yang aktif.
pada kurikulum 2013, guru hanya berpotensi sekitar 20% saja, sisanya murid yang diminta untuk aktif
5. buatlah instrumen penilaian untuk penilaian kognitif,afektif masing masing 5 contoh
http://www.academia.edu/7514418/TEKNIK_DAN_BENTUK_INSTRUMEN_PENILAIAN_sikap
6. 2. Rancanglah sebuah rubrik penilaian yang akan Anda gunakan untuk menilai hasil karya siswa dalam menulis pantun! 2. Rancanglah sebuah rubrik penilaian yang akan Anda gunakan untuk menilai hasil karya siswa dalam menulis pantun!
Rubrik penilaian untuk menilai hasil karya siswa dalam menulis pantun penting untuk dibuat agar dapat membantu kinerja guru dalam memberi penilaian dan mengevaluasi kegiatan belajar mengajar yang telah dilakukan. Rubrik umumnya berbentuk tabel yang memuat data grade, skor dan kriteria penilaian. Grade dibagi menjadi 5 bagian, yaitu sangat kurang, kurang, cukup, baik, dan sangat baik.
Sangat kurang menunjukkan bahwa siswa sama sekali belum memahami materi tentang pantun yang mana mereka tidak dapat menghasilkan karya pantun yang diinstruksikan. Grade kurang menunjukkan bahwa siswa mengetahui apa yang dimaksud dengan pantun tetapi belum dapat memahami bentuk pantun yang baik dan benar. Grade cukup menunjukkan bahwa siswa telah dapat membuat pantun sesuai dengan temanya walaupun belum dapat membuatnya secara sempurna karena terdapat beberapa kesalahan pada kaidah-kaidah pantun. Grade baik dan sangat baik pada dasarnya adalah siswa dapat membuat pantun sesuai dengan tema dan pantun telah sesuai dengan kaidah-kaidahnya, namun pada kategori sangat baik siswa dapat membuat pantun dengan pilihan kata maupun majas sehingga membuat pantun yang dihasilkan memiliki nilai sastra yang lebih baik. Tabel penilaian ditunjukkan di bawah.
PembahasanRubrik penilaian adalah suatu panduan bagi penyedia pembelajaran atau guru dalam melakukan penilaian yang konsisten dan dapat dipertanggungjawabkan terhadap mutu tugas siswa. Rubrik dapat digunakan sebagai umpan balik terhadap mutu tugas siswa.
Pelajari lebih lanjutMateri tentang rubrik penilaian https://brainly.co.id/tugas/51172451
#BelajarBersamaBrainly #SPJ1
7. Bisakah saudara jelaskan tentang hakikat penilaian kognitif,afektif dan psikomotor
Tadi sudah saya jawab di pertanyaan sebelumnya
8. Berikan contoh rubrik penilaian drama - Brainly
rubrik penilaian drama berisi :
1. nama kelompok
2. judul drama yang dipentaskan
3. komponen yang dinilai yang dibagi menjadi :
a. pelafalan dialog :
-kualitas vokal
-kejelasan
-ketepatan jeda nada dan intonasi
b. pemeranan pelaku :
-ekspresi
-kesesuaian gerak
-posisi pemain saat pementasan di panggung
c. lain lain :
-tata panggung
-kostum
-musik
4. keterangan nilai (a, b, c, atau d)
5. rumusan skor pementasan
semoga membantuu!!
9. contoh rubrik penilaian puisi
FORMAT PENILAIAN PEMBACAAN PUISI
Petunjuk:
Tulislah skor dari tiap aspek sesuai dengan pengamatan anda terhadap pembacaan puisi yang dilakukan dengan memperhatikan rubrik yang diberikan pada bawah tabel (rentang skor 1 -3 )
No. Aspek Skor Diperoleh
1. Penghayatan / ekspresi / penjiwaan
2. Gerak meliputi mimik, gesture dan pantomimik
3.
Artikulasi / pelafalan
4.
Intonasi / penekanan
RUBRIK PEMBERIAN SKOR:
1. Penghayatan / ekspresi / penjiwaan
Skor 3 bila pembaca puisi mampu menunjukkan ekspresi akan penghayatan dan penjiwaan yang sangat baik.
Skor 2 bila pembaca puisi mampu menunjukkan ekspresi akan penghayatan dan penjiwaan yang cukup baik.
Skor 1 bila pembaca puisi menunjukkan ekspresi akan penghayatan dan penjiwaan yang kurang baik.
2. Gerak meliputi mimik, gesture dan pantomimik
Skor 3 bila pembaca puisi mampu menunjukkan mimik, gesture, dan pantomimik yang sangat baik.
Skor 2 bila pembaca puisi mampu menunjukkan mimik, gesture, dan pantomimik yang cukup baik.
Skor 1 bila pembaca puisi menunjukkan mimik, gesture, dan pantomimik yang kurang baik.
3. Artikulasi/Pelafalan
Skor 3 bila pembaca puisi mampu menunjukkan artikulasi/pelafalan yang sangat baik.
Skor 2 bila pembaca puisi mampu menunjukkan artikulasi/pelafalan yang cukup baik.
Skor 1 bila pembaca puisi menunjukkan mimik, artikulasi/pelafalan yang kurang baik.
4. Intonasi dan penekanan
Skor 3 bila pembaca puisi mampu menunjukkan intonasi dan penekanan yang sangat baik.
Skor 2 bila pembaca puisi mampu menunjukkan intonasi dan penekanan yang cukup baik.
Skor 1 bila pembaca puisi menunjukkan intonasi dan penekanan yang kurang baik.
10. cara membuat rubrik penilaian praktikum
Jawaban:
KONSEPSI EVALUASI
Evaluasi merupakan suatu proses atau kegiatan pemil ihan, pengumpulan,
analisis dan penyajian informasi yang sesuai untuk mengetahui sejauh mana suatu
tujuan program, prosedur, produk atau strategi yang dijalankan telah tercapai,
sehingga bermanfaat bagi pengambilan keputusan sert a dapat menentukan beberapa
alternatif keputusan untuk program selanjutnya.
Menurut Griffin & Nix (1991: 3), pengukuran, asesme n, dan evaluasi adalah
hirarki. Pengukuran membandingkan hasil pengamatan dengan kriteria, asesmen
menjelaskan dan menafsirkan hasil pengukuran, sed ang evaluasi adalah penetapan
nilai atau implikasi suatu perilaku. Bisa perilaku individu atau lembaga. Jadi menurut
definisi ini kegiatan evaluasi didahului dengan pen ilaian, sedang penilaian pada
umumnya didahului dengan kegiatan pengukuran.
Berdasarkan beberapa pendapat di atas dapat disimpu lkan bahwa evaluasi
merupakan proses kegiatan mengumpulkan informasi ya ng dilakukan secara
sistematis melalui pengukuran, untuk selanjutnya in formasi tersebut digunakan
sebagai dasar menetapkan nilai (
worth ) sesuatu objek yang diikuti dengan tindak
lanjut dari ketetapan nilai tersebut. Esensi evalua si adalah penetapan nilai atau
value
judgement suatu objek berdasarkan kriteria tertentu. Kegiata n evaluasi selalu
didahului dengan kegiatan pengukuran, yaitu proses penetapan angka menurut aturan
tertentu, kemudian dilanjutkan penilaian dan diakhi ri evaluasi. Penilaian diartikan
sebagai suatu kegiatan menafsirkan data hasil pengu kuran. Dengan demikian evaluasi
merupakan suatu kegiatan yang kompleks dan terus me nerus untuk mengetahi
manfaat suatu kegiatan untuk selanjutnya digunakan sebagai pertimbangan dalam
menentukan suatu keputusan.
Dalam bidang pendidikan ditinjau dari sasarannya, e valuasi ada yang bersifat
makro dan ada yang mikro. Evaluasi yang bersifat ma kro sasarannya adalah program
pendidikan, yaitu program yang direncanakan untuk m emperbaiki bidang pendidikan.
Evaluasi mikro sering digunakan di tingkat kelas. J adi sasaran evaluasi mikro adalah
program pembelajaran di kelas dan yang menjadi pena nggungjawabnya adalah guru
11. jelaskan tentang hakikat penilaian kognitif, afektif dan psikomotor
Kognitif, berhubungan dengan akademik. Efektif,berhubungan dengan ke aktifkan seseorang Psikomotor, berhubungan dengan Kelebihan seseorang dalam suatu pekerjaan Maaf kalo salah
12. contoh rubrik penilaian ketrampilan berbicara
Jawaban:
penilaian yang tepat
Penjelasan:
maaf kalau salah
13. a. Buatlah rancangan perencanaan penilaian afektif b. Susunlah sebuah penilaian afektif c. Buatlah rubrik penilaian afektif
Jawaban:
penilaian efektif
rancangan afektif
14. berilah penilaian terhadap ringkasan tersebut dengan menggunakan rubrik berikut
coba perhatikan rubriknya baik-baik, lalu nilai lah seusuai penilaianmu
15. Jelaskan apa yang dimaksud dengan penilaian kognitif dan memberikan satu contoh penilaian kognitif pada mata pelajaran matematika kelas rendah.
Jawab:
Penjelasan dengan langkah-langkah:
Posting Komentar untuk "Rubrik Penilaian Kognitif"