Rpp Fiqih Ma
Fiqih kelas 11 MA.Tulis di buku tulis
1. Fiqih kelas 11 MA.Tulis di buku tulis
Jawaban:
Quran Surat An-Nisa Ayat 12 ۞ وَلَكُمْ نِصْفُ مَا تَرَكَ أَزْوَٰجُكُمْ إِن لَّمْ يَكُن لَّهُنَّ وَلَدٌ ۚ فَإِن كَانَ لَهُنَّ وَلَدٌ فَلَكُمُ ٱلرُّبُعُ مِمَّا تَرَكْنَ ۚ مِنۢ بَعْدِ وَصِيَّةٍ يُوصِينَ بِهَآ أَوْ دَيْنٍ ۚ وَلَهُنَّ ٱلرُّبُعُ مِمَّا تَرَكْتُمْ إِن لَّمْ يَكُن لَّكُمْ وَلَدٌ ۚ فَإِن كَانَ لَكُمْ وَلَدٌ فَلَهُنَّ ٱلثُّمُنُ مِمَّا تَرَكْتُم ۚ مِّنۢ بَعْدِ وَصِيَّةٍ تُوصُونَ بِهَآ أَوْ دَيْنٍ ۗ وَإِن كَانَ رَجُلٌ يُورَثُ كَلَٰلَةً أَوِ ٱمْرَأَةٌ وَلَهُۥٓ أَخٌ أَوْ أُخْتٌ فَلِكُلِّ وَٰحِدٍ مِّنْهُمَا ٱلسُّدُسُ ۚ فَإِن كَانُوٓا۟ أَكْثَرَ مِن ذَٰلِكَ فَهُمْ شُرَكَآءُ فِى ٱلثُّلُثِ ۚ مِنۢ بَعْدِ وَصِيَّةٍ يُوصَىٰ بِهَآ أَوْ دَيْنٍ غَيْرَ مُضَآرٍّ ۚ وَصِيَّةً مِّنَ ٱللَّهِ ۗ وَٱللَّهُ عَلِيمٌ حَلِيمٌ Arab-Latin: Wa lakum niṣfu mā taraka azwājukum il lam yakul lahunna walad, fa ing kāna lahunna waladun fa lakumur-rubu'u mimmā tarakna mim ba'di waṣiyyatiy yụṣīna bihā au daīn, wa lahunnar-rubu'u mimmā taraktum il lam yakul lakum walad, fa ing kāna lakum waladun fa lahunnaṡ-ṡumunu mimmā taraktum mim ba'di waṣiyyatin tụṣụna bihā au daīn, wa ing kāna rajuluy yụraṡu kalālatan awimra`atuw wa lahū akhun au ukhtun fa likulli wāḥidim min-humas-sudus, fa ing kānū akṡara min żālika fa hum syurakā`u fiṡ-ṡuluṡi mim ba'di waṣiyyatiy yụṣā bihā au dainin gaira muḍārr, waṣiyyatam minallāh, wallāhu 'alīmun ḥalīm Terjemah Arti: Dan bagimu (suami-suami) seperdua dari harta yang ditinggalkan oleh isteri-isterimu, jika mereka tidak mempunyai anak. Jika isteri-isterimu itu mempunyai anak, maka kamu mendapat seperempat dari harta yang ditinggalkannya sesudah dipenuhi wasiat yang mereka buat atau (dan) seduah dibayar hutangnya. Para isteri memperoleh seperempat harta yang kamu tinggalkan jika kamu tidak mempunyai anak. Jika kamu mempunyai anak, maka para isteri memperoleh seperdelapan dari harta yang kamu tinggalkan sesudah dipenuhi wasiat yang kamu buat atau (dan) sesudah dibayar hutang-hutangmu. Jika seseorang mati, baik laki-laki maupun perempuan yang tidak meninggalkan ayah dan tidak meninggalkan anak, tetapi mempunyai seorang saudara laki-laki (seibu saja) atau seorang saudara perempuan (seibu saja), maka bagi masing-masing dari kedua jenis saudara itu seperenam harta. Tetapi jika saudara-saudara seibu itu lebih dari seorang, maka mereka bersekutu dalam yang sepertiga itu, sesudah dipenuhi wasiat yang dibuat olehnya atau sesudah dibayar hutangnya dengan tidak memberi mudharat (kepada ahli waris). (Allah menetapkan yang demikian itu sebagai) syari'at yang benar-benar dari Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Penyantun.
Referensi: https://tafsirweb.com/1544-quran-surat-an-nisa-ayat-12.html
2. Fiqih kelas 11 MA.Tulisnya dibuku tulis
Penjelasan:
يُوصِيكُمُ ٱللَّهُ فِىٓ أَوْلَٰدِكُمْ ۖ لِلذَّكَرِ مِثْلُ حَظِّ ٱلْأُنثَيَيْنِ ۚ فَإِنكُنَّ نِسَآءً فَوْقَ ٱثْنَتَيْنِ فَلَهُنَّ ثُلُثَا مَا تَرَكَ ۖ وَإِن كَانَتْ وَٰحِدَةً فَلَهَا ٱلنِّصْفُ ۚ وَلِأَبَوَيْهِ لِكُلِّ وَٰحِدٍ مِّنْهُمَا ٱلسُّدُسُ مِمَّا تَرَكَ إِن كَانَ لَهُۥ وَلَدٌ ۚ فَإِن لَّمْ يَكُن لَّهُۥ وَلَدٌ وَوَرِثَهُۥٓ أَبَوَاهُ فَلِأُمِّهِ ٱلثُّلُثُ ۚ فَإِن كَانَ لَهُۥٓ إِخْوَةٌ فَلِأُمِّهِ ٱلسُّدُسُ ۚ مِنۢ بَعْدِ وَصِيَّةٍ يُوصِى بِهَآ أَوْ دَيْنٍ ۗ ءَابَآؤُكُمْ وَأَبْنَآؤُكُمْ لَا تَدْرُونَ أَيُّهُمْ أَقْرَبُ لَكُمْ نَفْعًا ۚ فَرِيضَةً مِّنَ ٱللَّهِ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ عَلِيمًا حَكِيمًا
Artinya:
Sesungguhnya Allah SWT telah memberikan kewajiban kepada mu tentang ibadah, sedekah, infaq dll untuk di wariskan kepada anak - anak mu nanti kelak, Dan jika anak itu semua nya perempuan yang jumlah anak perempuan nya lebih dari dua maka bagian mereka adalah ⅔ dari harta yang ditinggal kan oleh orang tua nya sendiri, dan jika dia anak perempuan nya jumlah nya hanya satu maka dia memperoleh setengah harta yang telah ditinggal kan oleh orang tua nya sendiri, ini adalah ketetapan Allah SWT sungguh, Allah maha mengetahui, maha adil dan bijaksana.
Pembahasan~
Sesungguhnya jika kita mempunyai harta kita sedekah kan saja kepada orang miskin, masjid orang yang terkena musibah karena sesungguhnya harta itu milik Allah SWT, kita hanya dititipkan saja, dan harta itu usahakan digunakan sebaik mungkin jangan dihambur-hamburkan saja.
DETAIL JAWABAN:Tingkat;Sekolah Dasar(SD )Kelas;6Mapel;Bahasa ArabMateri;HartaBab;Surat An -Nisa ayat ke 11Kode;-Kodekatagorisasi:-NO COPAS
NO NGASAL
HINDARI COPAS MULAI SEKARANG
Semoga bermanfaat dan Membantu
[tex]semoga \: membantu \: yaaaa[/tex]
3. Fiqih kelas 11 MA.Dibuku Tulis! dan Terjemahannya saja!
Jawaban:
Terjemahan dari QS. An-Nisa ayat 11Allah mensyari'atkan bagimu tentang (pembagian pusaka untuk) anak-anakmu. Yaitu: bahagian seorang anak lelaki sama dengan bagahian dua orang anak perempuan; dan jika anak itu semuanya perempuan lebih dari dua, maka bagi mereka dua pertiga dari harta yang ditinggalkan; jika anak perempuan itu seorang saja, maka ia memperoleh separo harta. Dan untuk dua orang ibu-bapa, bagi masing-masingnya seperenam dari harta yang ditinggalkan, jika yang meninggal itu mempunyai anak; jika orang yang meninggal tidak mempunyai anak dan ia diwarisi oleh ibu-bapanya (saja), maka ibunya mendapat sepertiga; jika yang meninggal itu mempunyai beberapa saudara, maka ibunya mendapat seperenam. (Pembagian-pembagian tersebut di atas) sesudah dipenuhi wasiat yang ia buat atau (dan) sesudah dibayar hutangnya. (Tentang) orang tuamu dan anak-anakmu, kamu tidak mengetahui siapa di antara mereka yang lebih dekat (banyak) manfaatnya bagimu. Ini adalah ketetapan dari Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha BijaksanaReferensi: https://tafsirweb.com/1543-quran-surat-an-nisa-ayat-11.html
Terjemahan dari QS. An-Nisa ayat 12Bagi kalian para suami adalah separo dari harta yang ditinggalkan oleh para istri kalian bila mereka tidak mempunyai anak; bila mereka mempunyai anak, maka bagi kalian mendapat seperempat dari harta yang ditinggalkannya; setelah dipenuhi wasiat yang mereka buat atau (dan) setelah dibayar hutangnya. Dan bagi para istri mendapat seperempat harta yang kalian tinggalkan jika kalian tidak mempunyai anak; bila kalian mempunyai anak, maka mereka mendapatkan seperdelapan dari harta yang kalian tinggalkan; setelah dipenuhi wasiat yang kalian buat atau (dan) setelah dibayar hutang kalian. Bila seseorang meninggal, baik laki-laki maupun perempuan yang tidak meninggalkan ayah dan tidak meninggalkan anak, tetapi mempunyai satu orang saudara laki-laki (seibu) atau satu orang saudara perempuan (seibu), maka bagi masing-masing dari kedua jenis saudara itu seperenam harta; tetapi bila saudara-saudara seibu itu lebih dari satu orang, maka mereka bersama-sama mempunyai hak bagian sepertiga; setelah dipenuhi wasiat yang dibuatnya atau (dan) setelah dibayar hutangnya dengan tidak merugikan. Demikianlah ketentuan Allah. Allah Maha Mengetahui lagi Maha Penyantun.”
Penjelasan:
Maaf kalau salah...
jangan lupa follow ✧◝(⁰▿⁰)◜✧
PembahasanSurah annisa ayat 11 menjelaskan tentang warisan kepada anak-anaknya.
Isi kandungan surah Annisa 1
Harta warisan anak laki-laki sama dengan 2 orang perempuan Harta warisan anak perempuan 2/3 lebih dari dua orangJika seorang anak perempuan 1/2 Harta warisan orang tua 1/6Pelajari lebih lanjutMateri tentang isi kandungan surah Al mujadalah ayat 11, di link brainly.co.id/tugas/13073288Materi tentang isi kandunga surah an najm ayat 39 sampai ayat 42, di link brainly.co.id/tugas/8687234Materi tentang isi kandungan surah at taubah ayat 105, di link brainly.co.id/tugas/22026378Materi tentang isi kandungan surah at taubah ayat 122 dan derajat orang menuntut ilmu, di link brainly.co.id/tugas/15885190Materi tengtang isi kandungan surah An nur ayat 2 dan al isra ayat 32, di link brainly.co.id/tugas/8910815===============================
Detail jawabanKelas : X
Mata pelajaran : Agama Islam
Bab : Al-Qur'an dan Hadis adalah Pedoman Hidupku
Kode soal : 10.14.4
Kata kunci : Surah An nisa , Terjemahan ayat, Latin ayat, Terjemahan ayat per kata , ayat 11, kandungan ayat
4. Fiqih kelas 11 MA.Tulisnya dibuku tulis
Jawaban:
Q.S An- Nisa ayat 11
يُوْصِيْكُمُ اللّٰهُ فِيْٓ اَوْلَادِكُمْ لِلذَّكَرِ مِثْلُ حَظِّ الْاُنْثَيَيْنِ ۚ فَاِنْ كُنَّ نِسَاۤءً فَوْقَ اثْنَتَيْنِ فَلَهُنَّ ثُلُثَا مَا تَرَكَ ۚ وَاِنْ كَانَتْ وَاحِدَةً فَلَهَا النِّصْفُ ۗ وَلِاَبَوَيْهِ لِكُلِّ وَاحِدٍ مِّنْهُمَا السُّدُسُ مِمَّا تَرَكَ اِنْ كَانَ لَهٗ وَلَدٌ ۚ فَاِنْ لَّمْ يَكُنْ لَّهٗ وَلَدٌ وَّوَرِثَهٗٓ اَبَوٰهُ فَلِاُمِّهِ الثُّلُثُ ۚ فَاِنْ كَانَ لَهٗٓ اِخْوَةٌ فَلِاُمِّهِ السُّدُسُ مِنْۢ بَعْدِ وَصِيَّةٍ يُّوْصِيْ بِهَآ اَوْ دَيْنٍ ۗ اٰبَاۤؤُكُمْ وَاَبْنَاۤؤُكُمْۚ لَا تَدْرُوْنَ اَيُّهُمْ اَقْرَبُ لَكُمْ نَفْعًا ۗ فَرِيْضَةً مِّنَ اللّٰهِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلِيْمًا حَكِيْمًا
Penjelasan:Surah An Nisa adalah surah yang keempat di Al Quran. Surah An-Nisa menjelaskan tentang seorang wanita muslim yang baik. Surah An Nisa terdiri dari 176 ayat dimana pada ayat ke 1 - 23 merupakan jus 4, ayat 24 - 147 merupakan jus 5, dan ayat 148 - 176 merupakan jus 6. Surah An Nisa tergolong kedalam surah Madaniyah yang diturunkan di Kota Madinah. Pada Ayat 11 Surah An Nisa menjelaskan tentang pembagian harta warisan orang tua terhadap anak anak nya agar pembagian warisan tersebut adil dan tidak ada yang dirugikan.
Detail:Mapel: Bahasa Arab
Materi: Surah
#Semoga bermanfaat dan membantu
●▬▬๑۩۩๑▬▬●
░RoN4ld0o7░
●▬▬๑۩۩๑▬▬●
Jawaban:
Suratterlampir~
Penjelasan:
Artinya:
Sesungguhnya Allah SWT telah memberikan kewajiban kepada mu tentang ibadah, sedekah, infaq dll untuk di wariskan kepada anak - anak mu nanti kelak, Dan jika anak itu semua nya perempuan yang jumlah anak perempuan nya lebih dari dua maka bagian mereka adalah ⅔ dari harta yang ditinggal kan oleh orang tua nya sendiri, dan jika dia anak perempuan nya jumlah nya hanya satu maka dia memperoleh setengah harta yang telah ditinggal kan oleh orang tua nya sendiri, ini adalah ketetapan Allah SWT sungguh, Allah maha mengetahui, maha adil dan bijaksana.
Pembahasan~
Sesungguhnya jika kita mempunyai harta kita sedekah kan saja kepada orang miskin, masjid orang yang terkena musibah karena sesungguhnya harta itu milik Allah SWT, kita hanya dititipkan saja, dan harta itu usahakan digunakan sebaik mungkin jangan dihambur-hamburkan saja.
DETAIL JAWABAN:Tingkat;Sekolah Dasar(SD )Kelas;6Mapel;Bahasa ArabMateri;Surat An -Nisa 11Kode:-Kode katagorisasi:-Semoga bermanfaat dan Membantu
5. apa perbedaan RPP rutin dengan RPP ptk
RPP merupakan singkatan dari RancanganPelaksanaanPembelajaran. Seorang guru wajib membuat RPP sebelum masuk ke kelas dan melakukan pengajaran kepada para siswa. RPP sangat penting karena RPP merupakan panduan seorang guru dalam mengajar agar hasil dari pengajaran dan pembelajaran di kelas dapat sesuai yang diharapkan. Berikut ini perbedaan dari RPP rutin dan RPP PTK, yaitu:
RPP rutin dibuat sekali dan akan dievaluasi setelah selesai satu periode pengajaran. Satu periode pengajaran berlangsung selama satu semester.RPP PTK sangat mungkin terjadi perubahan dari rencana awal. PTK adalah sebuah penelitian tindakan kelas yang diadakan dalam bentuk cycle atau periodependek. Dalam satu periode pengajaran biasanya hanya terdiri dari beberapa pertemuan. RPP PTK akan berubah dan mengambil masukan dari periodepengajaransebelumnya. PembahasanRPP berisi berbagai macam hal terkait dengan pengajaran di kelas. Di dalam RPP terdapat tujuan pembelajaran, hasil yang diharapkan dari proses pengajaran, metodepengajaran, dan metodeevaluasi dari sebuah proses pengajaran dan pembelajaran di kelas.
Seorang guru perlu membuat RPP sebelum mulai mengajar. Mengajar para siswa tanpaRPP akan membuat aktivitas pengajaran dan pembelajaran di kelas kurangterarah. Hal ini disebabkan guru tidak mempunyai pegangan yang jelas akan proses pembelajaran yang harus dilakukan. RPP akan membuat guru mengajar lebih runtut, sistematis dan efektif.
Pelajari lebih lanjutPengertian dari RPP https://brainly.co.id/tugas/5732581Fungsi dan Kegunaan RPP https://brainly.co.id/tugas/4385993Manfaat Media Pembelajaran pada KBM https://brainly.co.id/tugas/45312010Detail jawabanKelas: VI
Mapel: Umum
Bab: Tugas Guru dan Penelitian Tindakan Kelas
Kode: -
#AyoBelajar #SPJ2
6. Perbedaan antar RPP KTSP dan RPP k13 1 lembar
Jawaban:
~ Perbedaan RPP KTSP dan RPP l13 sebagai berikut:
▪︎ RPP k13 menggunakan kompetensi inti, sedangkan RPP KTSP menggunakan standart isi.
▪︎ RPP k13 lebih detail dari sikap spritual, pengetahuan, dan keterampilan, sedangkan RPP KTSP Lebih menekankan pada aspek pengetahuan.
▪︎ RPP k13 menjelaskan Sumber belajar, sedangkan RPP KTSP tidak terdapat penjabaran sumber belajar.
▪︎ RPP k13 terdiri dari 5 proses yakni; mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan, sedangkan RPP KTSP terdiri dari standart proses pembelajaran terdiri dari eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.
▪︎ RPP k13 adalah penilaian lebih detail dengan 3 penilain yakni: sikap spritual, pengetahuan, dan keterampilan, sedangkan RPP KTSP penilaian dilakukan hanya pada aspek pengetahuan.
semoga membantu!
7. pengertian fiqih,mazhab,usul fiqih, dan masailul fiqih!
Jawaban:
A. Apa itu Ushul Fiqh?
1. Pengertian Ushul Fiqh Secara Etimologi
Ushul Fiqh (أُصُوْلُ الْفِقْهِ) secara etimologi terdiri dari dua suku kata yaitu ushul dan fiqh. Berikut ini pengertian dari masing-masing kedua suku kata tersebut :
a. Pengertian Ushul
Ushul (أُصُوْلٌ) secara etimologi adalah bentuk jamak dari kata ash-lun (أَصْلٌ) yang berarti asal, pokok, atau pondasi; yakni sesuatu yang menjadi pondasi suatu bangunan baik itu yang bersifat fisik maupun nonfisik.
Contohnya akar pohon yang mana ia merupakan pondasi dari pohon itu sendiri. Sebagaimana firman Allah ta’ala :
أَلَمْ تَرَ كَيْفَ ضَرَبَ اللَّهُ مَثَلًا كَلِمَةً طَيِّبَةً كَشَجَرَةٍ طَيِّبَةٍ أَصْلُهَا ثَابِتٌ وَفَرْعُهَا فِي السَّمَاءِ
Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya (menjulang) ke langit
(QS. Ibrahim : 24)
b. Pengertian Fiqh
Adapun fiqh (فِقْهٌ) secara bahasa bermakna fah-mun (فَهْمٌ) yang artinya pemahaman mendalam yang memerlukan pengerahan akal pikiran.
Pengertian ini ditunjukkan dalam firman Allah ta’ala :
وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِّن لِّسَانِي *يَفْقَهُوا قَوْلِي
dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, sepaya mereka memahai perkataanku,
(QS. Thaha : 27 – 28)
Menurut Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin, fiqh secara terminologi adalah :
مَعْرِفَةُ الْأَحْكَامِ الشَّرْعِيَّةِ الْعَمَلِيَّةِ بِأَدِلَّتِهَا التَّفْصِيْلِيَّةِ
Mengenal hukum-hukum syar’i yang bersifat amaliyyah dengan dalil-dalilnya yang terperinci.[1]
Penjelasan:
semoga membantu
8. Membuat rpp dengan menggunakan sistem informasi rpp digital merupakan contoh tindakan
Jawaban:
membuat rpp sesuai dengan salah satu materi modul 6 unsur pedagogik diutamakan didalam rpp
Penjelasan:
mengidentifikasi komponen RPP dan melakukan analisis kebutuhan media pembelajaran serta perlu tindakan penggunaan sistem informasi rpp digital pada tindakan tersebut.
Penjelasan:
Membuat rpp dengan menggunakan sistem informasi rpp digital merupakan contoh tindakan
Jawaban =
Langkah-langkah Penyusunan RPP
Mencantumkan Identitas. Merumuskan Tujuan Pembelajaran. Menentukan Materi Pembelajaran. Menentukan Metode Pembelajaran. Menetapkan Kegiatan Pembelajaran. Memilih Sumber Belajar. Menentukan Penilaian.Penjelasan =
Rencana pelaksanaan pembelajaran, atau disingkat RPP, adalah pegangan seorang guru dalam mengajar di dalam kelas.
RPP dibuat oleh guru untuk membantunya dalam mengajar agar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada hari tersebut.
Semoga membantu
9. dari 120 guru, 10 orang telah membuat rpp kelas 2, kelas 3 dan kelas 4, 20 guru membuat rpp kelas 2 dan 3, 25 guru membuat rpp kelas 3 dan 4, 15 guru membuat rpp kelas 2 dan 4, 65 guru membuat rpp kelas 2. 45 guru membuat rpp kelas 3. 42 guru membuat rpp kelas 4. berapa orang guru yang belum membuat rpp
Jawab:76 orang
Penjelasan dengan langkah-langkah:jumlah guru=120
Jwb=10+20+25+65+42=152
152÷2=76
10. Apakah ada perubahan dalam penyusunan RPP yang dulu dengan RPP baru yang 1 lembar tolong jelaskan
ya
adanya kebijakan baru dalam bidang pendidikan seringkali dimaknai telah terjadi perubahan kurikulum:l
semoga membantu
11. rpp manakah yang lebih bagus. rpp yang berpusat pada guru atau rpp yang berpusat pada siswa. dan berikan alasannya.
Jawaban:
RPP yang lebih bagus adalah RPP yang berfokus pada siswa. Hal ini karena tujuan akhir pendidikan adalah siswa yang berkualitas. Sementara peran guru lebih terletak kepada pendamping.
Penjelasan:
RPP merupakan rencana pokok pembelajaran. Rencana dibuat dengan mempertimbangkan ilmu pengetahuan yang akan diwariskan kepada para peserta didik serta proses yang harus ditempuh. Sebuah RPP yang ideal adalah RPP yang menekankan pada siswa sebagai peserta didik, sembari menempatkan tenaga pengajar sebagai pembimbing atau pendamping mereka selama proses pendidikan.
Pelajari lebih lanjut tetnang materi RPP pada https://brainly.co.id/tugas/7905298
#BelajarBersamaBrainly
12. Fiqih kelas 11 MA.Tulisnya di buku tulis
Jawaban:
Dan bagimu (suami-suami) seperdua dari harta yang ditinggalkan oleh istri-istrimu, jika mereka tidak mempunyai anak. Jika istri-istrimu itu mempunyai anak, maka kamu mendapat seperempat dari harta yang ditinggalkannya sesudah dipenuhi wasiat yang mereka buat atau (dan) sesudah dibayar utangnya. Para istri memperoleh seperempat harta yang kamu tinggalkan jika kamu tidak mempunyai anak. Jika kamu mempunyai anak, maka para istri memperoleh seperdelapan dari harta yang kamu tinggalkan sesudah dipenuhi wasiat yang kamu buat atau (dan) sesudah dibayar utang-utangmu. Jika seseorang mati, baik laki-laki maupun perempuan yang tidak meninggalkan ayah dan tidak meninggalkan anak, tetapi mempunyai seorang saudara laki-laki (seibu saja) atau seorang saudara perempuan (seibu saja), maka bagi masing-masing dari kedua jenis saudara itu seperenam harta. Tetapi jika saudara-saudara seibu itu lebih dari seorang, maka mereka bersekutu dalam yang sepertiga itu, sesudah dipenuhi wasiat yang dibuat olehnya atau sesudah dibayar hutangnya dengan tidak memberi mudarat (kepada ahli waris). (Allah menetapkan yang demikian itu sebagai) syariat yang benar-benar dari Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Penyantun.
Penjelasan:
AYATNYA:
۞ وَلَكُمْ نِصْفُ مَا تَرَكَ اَزْوَاجُكُمْ اِنْ لَّمْ يَكُنْ لَّهُنَّ وَلَدٌ ۚ فَاِنْ كَانَ لَهُنَّ وَلَدٌ فَلَكُمُ الرُّبُعُ مِمَّا تَرَكْنَ مِنْۢ بَعْدِ وَصِيَّةٍ يُّوْصِيْنَ بِهَآ اَوْ دَيْنٍ ۗ وَلَهُنَّ الرُّبُعُ مِمَّا تَرَكْتُمْ اِنْ لَّمْ يَكُنْ لَّكُمْ وَلَدٌ ۚ فَاِنْ كَانَ لَكُمْ وَلَدٌ فَلَهُنَّ الثُّمُنُ مِمَّا تَرَكْتُمْ مِّنْۢ بَعْدِ وَصِيَّةٍ تُوْصُوْنَ بِهَآ اَوْ دَيْنٍ ۗ وَاِنْ كَانَ رَجُلٌ يُّوْرَثُ كَلٰلَةً اَوِ امْرَاَةٌ وَّلَهٗٓ اَخٌ اَوْ اُخْتٌ فَلِكُلِّ وَاحِدٍ مِّنْهُمَا السُّدُسُۚ فَاِنْ كَانُوْٓا اَكْثَرَ مِنْ ذٰلِكَ فَهُمْ شُرَكَاۤءُ فِى الثُّلُثِ مِنْۢ بَعْدِ وَصِيَّةٍ يُّوْصٰى بِهَآ اَوْ دَيْنٍۙ غَيْرَ مُضَاۤرٍّ ۚ وَصِيَّةً مِّنَ اللّٰهِ ۗ وَاللّٰهُ عَلِيْمٌ حَلِيْمٌۗ
LATIN:Walakum nishfu maa taraka azwaajukum in lam yakun lahunna waladun fa-in kaana lahunna waladun falakumurrubu'u mimmaa tarakna min ba'di washii-yatin yuushiina bihaa au dainin walahunnarrubu'u mimmaa taraktum in lam yakun lakum waladun fa-in kaana lakum waladun falahunnats-tsumunu mimmaa taraktum min ba'di washii-yatin tuushuuna bihaa au dainin wa-in kaana rajulun yuuratsu kalaalatan awiimraatun walahu akhun au ukhtun falikulli waahidin minhumaassudusu fa-in kaanuu aktsara min dzalika fahum syurakaa-u fiits-tsulutsi min ba'di washii-yatin yuusha bihaa au dainin ghaira mudhaarrin washii-yatan minallahi wallahu 'aliimun haliimun
ARTINYA:
Dan bagimu (suami-suami) seperdua dari harta yang ditinggalkan oleh istri-istrimu, jika mereka tidak mempunyai anak. Jika istri-istrimu itu mempunyai anak, maka kamu mendapat seperempat dari harta yang ditinggalkannya sesudah dipenuhi wasiat yang mereka buat atau (dan) sesudah dibayar utangnya. Para istri memperoleh seperempat harta yang kamu tinggalkan jika kamu tidak mempunyai anak. Jika kamu mempunyai anak, maka para istri memperoleh seperdelapan dari harta yang kamu tinggalkan sesudah dipenuhi wasiat yang kamu buat atau (dan) sesudah dibayar utang-utangmu. Jika seseorang mati, baik laki-laki maupun perempuan yang tidak meninggalkan ayah dan tidak meninggalkan anak, tetapi mempunyai seorang saudara laki-laki (seibu saja) atau seorang saudara perempuan (seibu saja), maka bagi masing-masing dari kedua jenis saudara itu seperenam harta. Tetapi jika saudara-saudara seibu itu lebih dari seorang, maka mereka bersekutu dalam yang sepertiga itu, sesudah dipenuhi wasiat yang dibuat olehnya atau sesudah dibayar hutangnya dengan tidak memberi mudarat (kepada ahli waris). (Allah menetapkan yang demikian itu sebagai) syariat yang benar-benar dari Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Penyantun.
13. Siapkan RPP yang sudah pernah Saudara kembangkan di sekolah, cermati RPP tersebut berdasarkan kelengkapan komponen, format RPP yang digunakan serta kesesuaian antar komponen dari RPP tersebut. Buat catatan-catatan dari hasil pencermatan RPP tersebut, kemudian buatlah RPP baru (rancangan pembelajaran baru) berdasarkan perbaikan dari hasil pencermatan tersebut.
jawabanterbaikkayanya
kurikurum baru dan cara belajar /materi nya berbeda
14. Siapkan RPP yang sudah pernah Saudara kembangkan di sekolah, cermati RPP tersebutberdasarkan kelengkapan komponen, format RPP yang digunakan serta kesesuaian antarkomponen dari RPP tersebut.Buat catatan-catatan dari hasil pencermatan RPP tersebut kemudian buatlah RPP baru(rancangan pembelajaran baru) berdasarkan perbaikan dari hasil pencermatan tersebut.
Jawaban:
berdasarkan kelengkapan komponen, format RPP yang digunakan serta kesesuaian antar
komponen dari RPP tersebut.
Buat catatan-catatan dari hasil pencermatan RPP tersebut, kemudian buatlah RPP baru
(rancangan pembelajaran baru) berdasarkan perbaikan dari hasil pencermatan tersebut
15. • Buatlah Rpp yang sudah pernah dikemsekolah, dan cermati Rpp tersebutt berKelengkapan komponen, format Rpp yangSerta Kesesuaian antar kompenen dari RppCatatan-catatan dan hasil pencermatanKemudian buat Rpp baru (rangcanganbaru) berdasarkan perbaikan dari hasitersebut
Jawaban:
Siapkan RPP yang sudah pernah dikembangkan di sekolah cermati rpp tersebut dan buatlah catatan catatan hasil pencematan kemudian buatlah rpp baru berdasarkan perbaikan dari hasil pencermatan tersebut
Penjelasan:
semoga membantu ya dan jadikan jawaban terjerdas ya
Posting Komentar untuk "Rpp Fiqih Ma"