Cerpen Guru Karya Putu Wijaya
struktur cerpen berjudul guru karya putu wijaya
1. struktur cerpen berjudul guru karya putu wijaya
alur
latar
latar tempat
latar waktu
setting
penokohan
amanat
2. buatlah abstraksi cerpen 'guru karya putu wijaya'
aku ga ngerti apa maksudnya
3. tugas b.indonesia membuat kritik tentang cerpen guru karya putu wijaya
Penjelasan:
SOALNYA KURANG JELAS , BOLEH DIULANG GA?
4. alur cerpen rasa karya putu wijaya
alur maju mundur kalau gak salah yah ALUR CERITANYA MAJU MUNDUR------------------
5. penokohan cerpen rasa karya putu wijaya
cerpen adlh cerita pendek
6. tema cerpen karya putu wijaya
bersiap kecewa bersedih tanpa kata kata .TEMANYA KEADILAN DI MASYARAKAT
7. tema dari cerpen rasa karya putu wijaya
Temanya================
KEADILAN DI MASYARAKAT
8. Apakah tema dari cerpen keadilan karya putu Wijaya
Jawaban:
Tema Jasmaniah
Penjelasan:Pengertian tema Jasmaniah:
-Merupakan tema yang berhubungan ataupun terfokus pada permasalahan kondisi fisik manusia. Model tema ini biasanya menyangkut beberapa hal yang ada di dalam tubuh manusia seperti molekul, jasad, perasaan, dll.
=====================================
Cerpen keadilan sendiri diciptakan Putu Wijaya di tengah perawatan intensif Rumah Sakit Ciptomangunkusumo (RSCM) Kencana, Jakarta. Cerita dituturkan Putu secara lisan, kemudian diketik salah seorang kerabatnya. Dia mengalami pendarahan otak yang mengakibatkan tangan dan kaki kirinya tidak bisa digerakkan.
======================================
9. sinopsis cerpen boikot karya putu wijaya
SEORANG warga memelihara hantu di rumahnya. Berita itu mula-mula menjadi bahan tertawaan. Tetapi ketika beberapa warga mulai datang untuk menengok hantu itu dan diam-diam minta pertolongan, masalahnya jadi berbeda.
Ada yang datang untuk minta kesembuhan. Ada yang ingin kaya. Ada yang minta naik pangkat. Minta jodoh. Anak-anak sekolah juga datang mau lulus ujian tanpa harus belajar. Ada juga koruptor-koruptor teri yang minta jangan sampai ulahnya ketahuan, tapi bukan untuk kapok, malahan mau meneruskan kariernya.
Tengah malam ada wakil rakyat, mau berdialog dengan hantu dan meminta supaya diberikan petunjuk bagaimana mengurus masyarakat agar jangan bergolak. Ia membaca berita dan desas-desus bahwa gerakan menumbangkan Mubarak di Mesir telah mengalir ke seluruh Timur Tengah. Gaddafi yang angker itu juga sudah dikepret. Ia takut teori domino akan menjalar ke arahnya.
Pemilik hantu menikmati kedatangan orang-orang itu. Ia mulai buka warung kecil. Kemudian juga menyediakan kamar bagi yang ingin menginap. Akhirnya ia mengenakan tiket masuk, bagi yang ingin berjumpa dengan peliharaannya. Kabar terakhir, ia memasang plakat di depan rumahnya, bahwa hantunya sudah beranak. Sekarang ia punya sembilan hantu. Masing-masing hantu punya keahlian sendiri-sendiri dan tarif ketemu juga sendiri-sendiri. Ketemu juga sendiri-sendiri.
10. sinopsis cerpen rasa karya putu wijaya
Cerpen ini berkisah tentang tokoh Aku sebagai seorang ayah yang kebingungan dengan perilaku anak gadisnya dan istrinya. Tokoh Aku mengira bahwa anak gadisnya tersinggung oleh ucapannya yang membandingkan dan memuji seorang wanita bergelar doktor yang dibacanya di sebuah koran. Tokoh Aku mengira anak gadisnya cemburu dan tersinggung karena ucapan ayahnya itu. Anak gadisnya tersebut memutuskan untuk tidak keluar kamar dan pada malam harinya pergi ke rumah temannya dengan alasan belajar dan hendak menginap di sana.
Tokoh Aku merasa bersalah sebagai seorang ayah telah menyinggung perasaan anak gadisnya. Pada tengah malam, ia memutuskan untuk menjemput Ami—anak gadisnya, dari rumah temannya. Ia merasa perlu meminta maaf atas ucapannya. Dengan alasan ibunya sakit, tokoh aku hendak membujuk Ami untuk pulang. Tetapi, atas kebohongannya tersebut, tokoh Aku merasa tambah bersalah kepada anaknya. Akhirnya ia memutuskan untuk meminta maaf atas perilakunya termasuk mengenai doktor muda yang cantik. Di luar dugaan tokoh Aku, Ami malah tertawa mendengar ucapan ayahnya itu. Kemudian ia menjelaskan bahwa sebenarnya yang merasa cemburu adalah ibunya. Ibunya yang menyuruh untuk mengurung diri dalam kamar dan pergi ke rumah Rani pada malam harinya. Setelah mendengar penjelasan anak gadisnya tersebut, tokoh Aku baru menyadari bahwa ia tidak bisa memahami apa-apa tentang perempuan, bahkan istri dan anak gadisnya. Selain itu ia juga sadar bahwa sebenarnya dibalik kecerewetannya, istrinya begitu sangat mencintainya.
11. unsur instrinsik cerpen karya putu wijaya
Tema, alur, penokohan, setting, amanatUNSUR INSTRINSIK CERPEN.
a. TemaTema adalah persoalan pokok sebuah cerita. Tema disebut juga ide cerita. Tema dapat berwujud pengamatan pengarang terhadap berbagai peristiwa dalam kehidupan ini. Kita dapat memahami tema sebuah cerita jika sudah membaca cerita tersebut secara keseluruhan.
b. PenokohanIstilah tokoh menunjuk pada orangnya, pelaku cerita,.1. Tokoh utamaTokoh utama adalah tokoh yang menjadi inti atau pusat utama dalam cerita. Dalam cerpen tersebut adalah:Pengacara muda dan pengacara tua.2. Tokoh pendampingTokoh pendamping merupakan tokoh yan mendampinghi tokoh utama dalm cerita karya sastra. Dalam cerpen tersebut adalah:Penjahat dan sekertaris pengacara tua.c. Alur/plotAlur adalah urutan peristiwa yang berdasarkan hukum sebab akibat. Alur tidak hanya mengemukakan apa yang terjadi, akan tetapi menjelaskan mengapa hal ini terjadi. Kehadiran alur dapat membuat cerita berkesinambungan.Didalam cerita cerpen “peradilan rakyat” tersebut adalah yang menjadi alur cerita tersebut adalah alur maju yaitu Pengarang menyusun peristiwa-peristiwa secara berurutan mulai dari perkenalan sampai penyelesaian.Antara lain:- mulai melukiskan keadaan (situation)Seorang pengacara muda yang cemerlang mengunjungi ayahnya, seorang pengacara senior yang sangat dihormati oleh para penegak hukum.Kedatangan pengacara muda itu untuk berdialog masalah hukum di negara yang dirasakan lemah oleh mereka………………….. - peristiwa-peristiwa mulai bergerak (generating circumtanses) Belum lama ini negara menugaskan aku (pengacara muda) untuk membela seorang penjahat besar, yang sepantasnya mendapat hukuman mati
- keadaan mulai memuncak (rising action); Seorang penjahat yang mendapat yang mendapat pengacara yang hebat. Penjahat itu, juga meminta kepada pengacara muda untuk membelanya. Karena pengacara itu profesional maka dia menerimanya dengan membela penjahat dengan membela penjahat dipersidangan,penjaht yang seharusnya menjadi musuh negara dan rakyat
-- mencapai titik puncak (klimaksPeradilan terhadap penjahat itu dimulai . gambaran dari pengacara tua itu benar-benar terjadi sidang perkara yang dilakukan oleh pengacara dan penjahat itu dimenangkan keduanya. Penjahat itu bebas dengan tertawa lepas. Penjahat itu menerima kebebasnya dengan cepat keluar negeri dan sulit untuk menjamahnya kembali.
- pemecahan masalah/ penyelesaian (denouement)Mengetahui hal tersebut rakyat menjadi beramarah. Mereka turun kejalan dengan melakukan demontrasi besar-besaran dimana-mana, gedung-gedung dipengadilan dibakar, dan pengacara muda itu diculik dan dibunuh d. Latar(Setting)
Latar dalam sebuah cerita menunjuk pada pengertian tempat, hubungan waktu, dan lingkungan sosial tempat terjadinya peristiwa-peristiwa yang diceritakan. Latar memberikan pijakan cerita secara konkret dan jelas. Hal ini penting untuk memberikan kesan realistis kepada pembaca, menciptakan suasana tertentu yang seolah-olah sungguh-sungguh ada dan terjadi. Unsur latar dapat dibedakan ke dalam tiga unsur pokok, yaitu sebagai berikut.
- e. PerwatakanPerwatakan berbeda dengan penokohan perwatakan mengacu tentang bagaimana tokoh-tokoh dalam karya sastra bersikap dan menunjukkan ciri khas wataknya. Yaitu penjabaran sebagai berikut:
12. analisis cerpen Merdeka karya putu wijaya??
analisanya cerpen ini bercerita tentangputu wijaya dari pulau jawa
Cerpen ini merupakan gambaran tentang kehidupan sosial yang dilalui oleh tokoh-tokoh tertentu pada alur yang diangkat oleh pengarang sesuai misinya. Pada bagian awal cerpen ini dibuka dengan suasana bangsa ini diawal-awal pertempuran untuk merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Nilai-nilai perjuangan ini digali dari monolog antartokoh seperti yang tergambar pada kalimat berikut ini. Menjelang pertempuran terakhir yang menentukan, kami semua, para prajurit, bersiap. Mengumpulkan tenaga, mengerahkan jiwa-raga untuk mengakhiri habis-habisan benturan yang sudah berlangsung ratusan tahun ini.
13. analisis cerpen bali karya putu wijaya
Bali karya Wijaya adalah sebuah budaya yg bagus dan rapi oke semoga tidak bermanfaat
14. sinopsis cerpen boikot karya Putu Wijaya
Jawaban:
seorang warga memelihara hantu di rumah.berita itu mula mula menjadi bahan tertawaan
15. ANALISIS CERPEN RASA KARYA PUTU WIJAYA
tema, tokoh , alur , latar , judul , sudut pandang
Posting Komentar untuk "Cerpen Guru Karya Putu Wijaya"