Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rumus Excel Jurnal Umum Ke Buku Besar


Rumus Excel Jurnal Umum Ke Buku Besar

1. Sebutkan 4 yang harus diisi dalam FORM pada saat membuat jurnal umum di Microsoft Excel? 2. Sebutkan rumus untuk menjumlahkan saldo pada saat membuat jurnal umum di Microsoft Excel ! 3. Fasilitas yang digunakan untuk membuat buku besar yaitu 4. Untuk mencari saldo akhir pada buku besar kita dapat mengurangi ... Dan ... 5.Jelaskan apa yang dimaksud dengan col_index_num ketika menulis rumus ! *tolong dijawab yak*

Daftar Isi

1. 1. Sebutkan 4 yang harus diisi dalam FORM pada saat membuat jurnal umum di Microsoft Excel? 2. Sebutkan rumus untuk menjumlahkan saldo pada saat membuat jurnal umum di Microsoft Excel ! 3. Fasilitas yang digunakan untuk membuat buku besar yaitu 4. Untuk mencari saldo akhir pada buku besar kita dapat mengurangi ... Dan ... 5.Jelaskan apa yang dimaksud dengan col_index_num ketika menulis rumus ! *tolong dijawab yak*


Jawaban:

1. Tanggal, Keterangan, Ref, Debit, Kredit

2. SUM

3. Microsoft Excel (?)


2. Brainly.Co.Id Apa pertanyaanmu? Sekolah Menengah Atas Akuntansi 5+3 poin 1. Sebutkan 4 yang harus diisi dalam FORM pada saat membuat jurnal umum di Microsoft Excel? 2. Sebutkan rumus untuk menjumlahkan saldo pada saat membuat jurnal umum di Microsoft Excel ! 3. Fasilitas yang digunakan untuk membuat buku besar yaitu 4. Untuk mencari saldo akhir pada buku besar kita dapat mengurangi ... Dan ... 5.Jelaskan apa yang dimaksud dengan col_index_num ketika menulis rumus !


Jawaban:

1. Tanggal, keterngan, ref,debit dan kredit

2. IF(OR (D7<>0;E7<>0) ; SUM (D$7 : D7) - SUM (E$7 : E7) ; 0

IF : menentukan value

OR : memilah

SUM : menjumlahkan angka di kolom debet dan kredit

3. Data form?

4. saldo dan kredit

5. nomor urut kolom yang akan diambil nilainya berdasarkan nomor kolom di tabel.bila diisi dengan nilai yang jumlahnya kurang dari 1, maka hasilnya adalah ERROR#VALUE!. bilang mengisi dengan angka yang lebih besar dari jumlah kolom maka ERROR#REFF!

=VLOOKUP (lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])


3. bagaimana cara membuat jurnal umum di mocrosoft excel


Cara membuat jurnal umum di ms. excel : 
1.buka sheet baru, ganti nama sheet menjadi "jurnal umum".
2.buatlah format jurnal umum.
3klik cell di bawah kolom akun, misal nama cell itu "C5".
4.klik formula lalu klik insert function.
5.pilih vlookup lalu klik ok.
6.isikan lookup value dengan cell C5.
7.isikan table array dengan cara, bukalah sheet yang berisi data daftar akun lalu blok datanya dan jangan lupa absolutkan dengan cara klik F4
8.isikan col_index_num dengan "2" (menunjukkan urutan kolom dalam tabel)
9.isikan range lookup dengan "false" apabila tabel data tidak diurutkan, dan isikan dengan "true" apabila sebaliknya.
10klik ok.
11.lalu akan muncul tanda #N/A, copy rumus tersebut sejumlah yang dibutuhkan.
12.isi jurnal umum dengan cara sbb:  
isi kolom tanggal sesuat dengan tanggal transaksi, isi kolom kode rekening sesuai dengan jurnal transaksi.
13.pada baris terakhir, jumlahkan total kolom "debet" dan "kredit" pada jurnal umum untuk memastikan keseimbangan jumlah debet dan kredit.

4. rumus fungsi excel untuk menentukan nilai tertinggi atau terbesar


MAX

# semoga membantu
=max(sel data nilai) Semoga membantu ya

5. bagaimana cara memposting ke buku besar dengan menggunakan excel ? apa saja rumus yang dipakai ? dan tolong berikan contohnya ! arigatoo ^^


Bukalah program Microsoft excel. Lalu Mulailah membuat lembar kerja untuk semua rekening pada buku besar. Di sini saya membuat Buku Besar Kas terlebih dahulu .Buatlah 1 Tabel pada lembar kerja excel .langkah 2Masukkan setiap transaksi per tanggal dan nama perkiraan masing –masing di kolom debet atau kredit . berikut contoh transaksi, buku besar masing masing perkiraan.Langkah 3Nah Sekarang untuk mendapatkan nilai total kolom debet dan kredit adalah dengan menjumlahkan masing-masing kolom debet dan kolom kredit dengan mengunakan rumus.Pada gambar di atas, Letakan kursor pada sel E13Masukkan rumus =SUM(sorot Debet baris 5 sampai Debet baris 11) kemudian enter. Hasilnya 67.000.000.Untuk mendapatkan hasil jumlah Kolom Kredit lakukan hal Serupa dengan cara sebelumnyarumus =SUM(sorot Kredit baris 5 sampai Kredit baris 11)hasilnya  31.000.000Masukkan rumus untuk menghitung jumlah saldo debet dan jumlah saldo kredit.Menghitung saldo debetLogika rumusnya , jika jumlah debet  > jumlah Kredit , maka Saldo Debet = jumlah Debet -  jumlah Kredit. Letakan kursor pada sel saldo debet , maka rumusnya = IF(E12 > F12,E12,0) hasilnya 36.000.000Begitu juga dengan Menghitung saldo kreditLogika rumusnya , jika jumlah kredit > jumlah debet maka saldo kredit = jumlah kredit – jumlah debet. Atau rumusnya =IF(F12>E12,F12-E12,0) Maka hasilnya adalah nol karena bagian debet jumlahnya lebih kecil dari pada kredit.Kita sudah membuat 1 buku besar Kas. Untuk buku besar lainnya dikerjakan pada worksheet selanjutnya , untuk membuatnya lakukan dengan cara yang sama yaitu mengcopy table yang sudah dilakukan sebelumnya dan tinggal mengganti Transaksi per tanggal dan nama perkiraan masing –masing di kolom debet atau kredit.

#semogabermanfaat
#semogajawabansayaadalahyangterbaik
Good Luck:D


6. Sebutkan rumus-rumus fungsi yang akan digunakan untuk membuat laporan buku besar padaexcel ​


SUM = untuk menambahkan angka dari range

AVARAGE = untuk mencari nilai rata rata

MAX = untuk mencari nilai tertinggi

MIN = untuk mencari nilai terendah

semoga benar:))


7. rumus rumus excel adalah?


fungsi sum
- fungsi average
- fungsi max
- fungsi min
- fungsi count
- fungsi if
- fungsi mid
- fungsi left
-fungsi right
- fungsi date

8. Sebutkan cara merubah huruf besar menjadi huruf kecil di excel tanpa rumus


Jawaban:

pencet shift di bawah caps lock di atas ctrl.

Penjelasan:

---


9. apa saja rumus aritmatika yang umum di gunakan dalam Microsoft Excel?​


Jawaban:

Menurut ku SUM, MAX, MIN, AVERAGE, COUNT

Penjelasan:

Penjelasan:

SUM,MAX,MIN,AVERAGE,COUNT Maaf kalu salah


10. Rumus mencari tanggal pengembalian buku dalam excel.


Jawaban:

DATEADD

Penjelasan:

Untuk mencari tanggal pengembalian buku di Excel, Anda dapat menggunakan fungsi tanggal DATEADD. Fungsi ini akan menambahkan sejumlah hari, bulan, atau tahun ke tanggal yang diberikan, sehingga Anda dapat menggunakannya untuk menghitung tanggal pengembalian buku dengan jumlah hari peminjaman yang ditentukan.

Di sini adalah contoh bagaimana Anda dapat menggunakan fungsi DATEADD untuk menghitung tanggal pengembalian buku di Excel:

Buat kolom baru di lembar kerja Anda untuk tanggal pengembalian buku.

Pada sel pertama dalam kolom baru tersebut, masukkan rumus berikut:

=DATEADD(Hari, [Jumlah Hari Peminjaman], [Tanggal Pinjam])

Ganti [Jumlah Hari Peminjaman] dengan sel yang berisi jumlah hari peminjaman buku yang Anda tentukan.

Ganti [Tanggal Pinjam] dengan sel yang berisi tanggal peminjaman buku.

Sebagai contoh, jika jumlah hari peminjaman buku adalah 14 hari dan tanggal peminjaman buku adalah 1 Januari 2022, maka rumus akan menjadi:

=DATEADD(Hari, 14, A2)

Setelah Anda menambahkan rumus tersebut ke sel pertama dalam kolom tanggal pengembalian buku, Anda dapat menyalin rumus ke sel-sel lain dalam kolom tersebut untuk menghitung tanggal pengembalian buku untuk entri data lainnya.

Harap dicatat bahwa fungsi DATEADD hanya akan bekerja jika tanggal peminjaman buku dan jumlah hari peminjaman buku telah dimasukkan ke dalam format tanggal yang sesuai di Excel. Jika Anda menggunakan format teks atau nomor untuk menyimpan tanggal atau jumlah hari peminjaman buku, maka Anda perlu menggunakan fungsi lain seperti DATEVALUE atau DAY untuk mengonversi data tersebut ke format tanggal yang sesuai sebelum menggunakan fungsi DATEADD.


11. cara membuat buku besar menggunakan ms. excel


-Tambahkan sheet baru dengan cara klik ikon Insert Worksheet -ubah nama sheet menjadi Bb_aktiva lancar. Sheet berikutnya ubah nama menjadi BB_aktiva tetap, BB_utang lancar , Bb_modal, BB_pendapatan , dan BB_biaya - buka sheet bb_aktiva lancar dan buatlah form buku besar Semoga membantu ;)

12. Jelaskan langkah-langkah membuat buku besar dalam program excel


Langkah 1
Bukalah program Microsoft excel. Lalu Mulailah membuat lembar kerja untuk semua rekening pada buku besar. Di sini saya membuat Buku Besar Kas terlebih dahulu .Buatlah 1
langkah 2
Masukkan setiap transaksi per tanggal dan nama perkiraan masing –masing di kolom debet atau kredit . berikut contoh transaksi, buku besar masing masing perkiraan.
Langkah 3
Nah Sekarang untuk mendapatkan nilai total kolom debet dan kredit adalah dengan menjumlahkan masing-masing kolom debet dan kolom kredit dengan mengunakan rumus.

13. Bagaimana langkah-langkah membuat jurnal umum dengan menggunakan Microsoft Excel​


Jawaban:

1. buka sheet baru, ganti nama sheet menjadi "jurnal umum".

2. buatlah format jurnal umum.

3. klik cell di bawah kolom akun, misal nama cell itu "C5".

4. klik formula lalu klik insert function.

5. pilih vlookup lalu klik ok.

6. isikan lookup value dengan cell C5.

Penjelasan:

Maap kalau salah ya :)


14. bagaimana cara membuat aplikasi buku besar perusahaan dagang pada microsoft excel


Bisa dibuat tabelnya satu-satu atau pakai advance filter

15. rumus yang merupakan salah satu fungsi paling umum yang digunakan dalam Microsoft excel adalah


Fungsi IF

Gambaran umum rumus di Excel

Artikel

VLOOKUP

Artikel

Fungsi SUM

Artikel

Fungsi COUNTIF

Artikel

Fungsi IF

Artikel

IFS

Artikel

SUMIF

Artikel

SUMIFS

Artikel

Menambahkan nomor baris secara otomatis

Artikel

Menghitung selisih antara dua tanggal

Artikel

Menentukan dan menggunakan nama dalam rumus

Artikel

Menggabungkan teks dari dua sel atau lebih ke dalam satu sel

Artikel Fungsi IF merupakan salah satu fungsi paling populer di Excel, yang memungkinkan Anda membuat perbandingan logis antara nilai dan perkiraan. Dalam bentuk yang paling sederhana, fungsi IF mengatakan:

IF(Sesuatu adalah Benar, lakukanlah sesuatu, jika tidak lakukanlah hal lain)

Oleh karena itu, pernyataan IF dapat memiliki dua hasil. Hasil pertama jika perbandingan Anda Benar dan hasil kedua jika perbandingan Salah.

Jika Anda ingin langsung bekerja menggunakan beberapa pernyataan IF, lihat: Fungsi IF tingkat lanjut - Bekerja dengan rumus bertumpuk dan menghindari kesalahan.


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Rumus Excel Jurnal Umum Ke Buku Besar"