Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Pecahan Kelas 3 Sd


Contoh Soal Pecahan Kelas 3 Sd

☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆♡♡♡♡♡♡♡♡♡♡♡♡♡♡plisss bantuin saya :) pake cara kyk contoh + kl gk jelas di komentar jangan langsung jawab ini pelajaran SD KELAS 5 mengalikan pencahan desimal contoh :1.2 x 8 = 12/10 × 8 = 96/10 = 9 6/10 = 9 3/5soal 1. 12 × 0,9 = .....2. 0.8 × 15 = .....3. 0,8 × 0.9 = ...4. 14 × 2,4 = .....5. 4.5 × 0.4 = ....

Daftar Isi

1. ☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆☆♡♡♡♡♡♡♡♡♡♡♡♡♡♡plisss bantuin saya :) pake cara kyk contoh + kl gk jelas di komentar jangan langsung jawab ini pelajaran SD KELAS 5 mengalikan pencahan desimal contoh :1.2 x 8 = 12/10 × 8 = 96/10 = 9 6/10 = 9 3/5soal 1. 12 × 0,9 = .....2. 0.8 × 15 = .....3. 0,8 × 0.9 = ...4. 14 × 2,4 = .....5. 4.5 × 0.4 = ....


1. 12 x 9/10 = 108/10 = 10 8/10 = 10 4/5
2. 8/10 x 15 = 120/10 = 12
3. 8/10 x 9/10 = 72 /100 = 18/25
4 .14 x 24/10 = 336/10 = 33 6/10 = 33 3/5
5. 45/10 x 4/10 = 180/100 = 18

2. pak purwadi adalah seorang guru kelas 4 disebuah SD yang terletak didaerah pegunungan. Dalam mata pelajaran matematika tentang pecahan, pak purwadi menjelaskan cara menjumlahkan pecahan dengan memberi contoh dipapan tulis, salah satu penjelasannya adalah sebagai berikut : PAK PURWADI '' perhatikan anak-anak kalau kita menjumlahkan pecahan penyebut harus disamakan terlebih dahulu kemudian pembilangnya dijumlahkan. perhatikan contoh berikut 1/2+1/4=2/4+1/4=3/4. perhatikan lagi contoh ini :1/2+1/3=3/6+2/6=5/6.jadi yang dijumlahkan adalah pembilangnya, sedangkan penyebutnya tetap, mengerti anak-anak?''Anak-anak diam, mungkin mereka bingung. pak purwadi :pasti sudah jelas, kan.nah sekarang coba kerjakan soal-soal ini''pak purwadi menulis 5 soal dipapan tulis dan anak-anak mengeluarkan buku latihan secara berangsur-angsur mereka mulai mengerjakan soal, namun sebagian besar anak ribut karna tidak tahu cara bagaimana mengerjakannya. hanya beberapa anak yang tampak mengerjakan soal,yang lain itu hanya menulis soal. dan ada pula yang bertengkar dengan temannya,selama anak-anak bekerja pak purwadi duduk didepan kelas sambil membaca. setelah selesai anak-anak diminta saling bertukar hasil pekerjaannya. pak purwadi meminta seorang anak menuliskan jawabannya dipapan tulis. tetapi karna jawaban itu salah, pak purwadi lalu menuliskan semua jawaban dipapan tulis. kemudian anak-anak diminta memeriksa pekerjaan temannya, dan mencocokkan dengan jawaban dipapan tulis. alangkah kecewanya pak purwadi ketika mengetahui bahwa dari 30 anak, hanya seorang yang benar semua, sedangkan seorang lagi benar 3 soal, dan yang lainnya salah semua. identifikasi 3 kelemahan pembelajaran yang dilakukan pak purwadi dalam kasus diatas...​


Jawaban:

A. 7

B. 1

C. -1

D. -7

Penjelasan:


3. KAK TOLONG DONG KAK JAWAB LAH PERTANYAAAN INIIIIIII SEGERRRAAAAA KELAS 4 SD KL GK BISA JAWAB KERTELALUAN MEMECAHKAN MASALAH SEHARI HARI YANG MELIBATKAN PEERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN contoh sebuah lukisan berbentuk pesergi panjang dengan panjang 3/4 meter dan lebihanya 2/5 meter berapa m2 luas lukisan tersebut ! jawab : dik : p = 3/4 dan l = 2/5 ditanya : luas lukisan ? luas lukisan = panjang x lebar = 3/4 x 2/5 ( di coret wkwk hasilya = 3/2 x 1/5 = 3 /10 jadi luas lukisan tersebut adalah 3/10 m Soal 1. swa kelas IV disebuah sekolah ada 35 anak sebanyak 17 anak diantara adalah siswa laki laki ada 5 siswa laki laki dan 2/3 dari siswa perempuan mengikuti les matematika berapa jumlah siswa kelas IV yang mengikuti les matematika?


Cara
= 35 anak - 17 anak lelaki
= 18 anak perempuan

Anak perempuan yang ikut les matematika
= 2/3 x 18 anak perempuan
= 12 anak perempuan

Jumlah anak yang ikut les
= anak lelaki + anak perempuan
= 5 anak lelaki + 18 anak perempuan
= 23 anak
Jadi, jumlah anak yang ikut les matematik ada 23 anak17-5=12
12x2/3=8
35-8=27 orang


#jadiinjawabanterbaik
#semogamembantu|•^•|

4. ✕TUTUPBERANDAAGAMABISNISMATERI SEKOLAHPENDIDIKANSOAL-SOALINFO LAINBERANDA / SOAL SD 640 Soal UTS Tema 2 Kelas 6 Revisi 2018 Semester 1 & Kunci JawabanOleh Muttaqin 1 komentarContoh soal UTS/ PTS Semester 1 kelas 6 tema 2 tentang persatuan dalam perbedaan kurikulum 2013 revisi dan kunci jawaban. Pada kali ini kami akan membagikan salah satu latihan soal UTS/PTS SD MI yang kami miliki, yaitu soal UTS Kelas 6, tepatnya tema 2.Dikarenakan kurikulum 2013 menggunakan konsep pembelajaran tematik, maka ada beberapa mata pelajaran yang kami masukkan dalam latihan soal ini, mulai dari PPKn, Matematika, IPA, IPS, Penjaskes. Sekedar informasi, bahwa Tema 2 (persatuan dalam perbedaan) pada kelas 6 terbagi menjadi 3 subtema, antara lain : subtema 1 tentang rukun dalam perbedaan, subtema 2 tentang bekerja sama mencapai tujuan, subtema 3 tentang bersatu kita teguh. Silahkan buka juga : 40 Soal Tematik Kelas 6 : Rukun dalam Perbedaan & JawabanSoal Tematik Kelas 6 Tema 2 (Persatuan dalam Perbedaan)Dalam contoh soal UTS kelas 6 tema 2 ini, kami membagi latihan soal menjadi 3 jenis soal. Tentu saja ini jenis soal ranah pengetahuan ya… Untuk ranah keterampilan, kami belum bisa membagikannya. Lalu, apa saja jenis soal tematik kelas 6 yang kami bagikan ini? Nah, soal ini terdiri dari soal pilihan ganda/ pilgan (multiple choice), soal essay/ esai, dan soal uraian.Tentu saja sudah lengkap dengan kunci jawaban/ pembahasan soal. Kunci jawaban soal sudah kami sediakan pada halaman artikel ini ya. Tepatnya di akhir artikel. Ya sengaja kami letakkan pada akhir artikel agar pembaca berkenan untuk mencoba menjawab soal ini secara mandiri.Siapa tahu ada kunci jawaban atau soal yang bermasalah. Jika anda menjumpai ada yang salah pada artikel ini, silahkan hubungi kami melalui kolom komentar ya… Masukkan saja nomor soal yang bermasalah, maka kami secepatnya akan merevisi artikel ini. Sebelumnya kami ucapkan terima kasih atas kritik dari pembaca ya…LINK DOWNLOAD soal sudah kami sediakan kok, pada akhir artikel. Sudah ada tombol download yang dapat anda klik, sehingga anda akan diarahkan menuju halaman download soal.Demikian pengantar kami terkait contoh soal online UTS Semester Gasal kelas 6 tematik dan kunci jawaban. Semoga artikel soal UTS Gasal ini dapat bermanfaat kepada pendidikan di Indonesia, khususnya untuk SD MI kelas 6 Semester 1. Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini artikel kami.Soal Pilihan Ganda Tema 2 Kelas 6 SD MI1. Semboyan yang perwujudannya persatuan dan kesatuan adalah …a. Garuda Pancasilab. Pancasilac. Bhinneka Tunggal Ikad. Bersatu Kita Teguh2. Hewan yang memiliki punuk sebagai penyimpan lemak untuk membantu mempertahankan diri di lingkungan padang pasir adalah ...a. kudab. untac. keledaid. beruang kutub3. Teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dirumuskan di rumah …a. Ahmad Subarjob. Drs. Moh. Hattac. Ir. Soekanod. Laksamana Maeda4. Berikut tanaman yang tidak digunakan sebagai pewarna alami makanan adalah …a. wortelb. daun pisangc. sawid. kunyit5. Jika 86% air bumi adalah air asin, maka air bersih yang ada di bumi adalah …a. 15%b. 13%c. 12%d. 14%Iklan (Tutup K!ik 2x) 6. Assa membeli meja senilai Rp100.000,00, ternyata meja tersebut ada yang cacat dan tidak bisa ditukar. Assa menjual kembali meja tersebut dengan harga Rp67.000,00. Persentase kerugian Assa adalah …a. 52%b. 35%c. 33%d. 43%7. Dalam sekantong plastik terdapat 80 buah kelereng. Lalu, Bayu mengambil 20 kelereng dari kantong tersebut. Presentasi kelereng yang diambil oleh Bayu yaitu …a. 25%b. 15%c. 20%d. 12%8. Nilai 1/5 sama dengan …a. 10%b. 20%c. 5%d. 15%9. Berkut yang merupakan pecahan dua desimal yaitu …a. 5,09b. 3,6c. 1,351d. 6,78010. Beraneka ragam kebudayaan menjadi satu yang utuh dan serasi, arti merupakan …a. keragamanb. persatuanc. kebangsaand. kebudayan11. Gotong royong merupakan kegiatan yang menerapkan Pancasila sila ke …a. empatb. duac. satud. tiga12. Burung pelikan mempunyai paruh yang berkantong agar dia bisa membawa makanan untuk anaknya. Hal tersebut merupakan adaptasi …a. semaunyab. morfologic. fisiologid. tingkah laku13. Berikut ini sikap yang harus dikembangkan dengan adanya perbedaan, kecuali …a. memusuhib. menghargaic. toleransid. menghormati14. Berikut ini contoh persatuan dan kesatuan di masyarakat, kecuali …a. selalu mencela dan tidak mau membantu melaksanakan tugas rumahb. meningkatkan semangat Bhinneka Tunggal Ikac. perlindungan, jaminan, serta menjunjung tinggi hak asasi manusiad. meningkatkan semangat kekeluargaan, gotong royong, dan musyawarahlontong aku kak​


Jawaban:

1. c. bhinneka tunggal ika

2. b. unta

3 d. Laksamana maeda

4 b. daun pisang

5 d. 14

6

7. a. 25

8.

9.

10.

11. d. tiga

12.

13. a. memusuhi

14. a. selalu mencela dan tdk mau membantu melaksanakan tugas rumah

maaf kalau salah

yang kosong aku g tau

semoga membantu


5. 1.) Apa yang kamu ketahui tentang kalimat efektif? Tuliskan ciri-ciri kalimat efektif!2.) Tuliskan 5 contoh kalimat efektif menggunakan kosakata baku!3.) Apakah kaitan antara ciri khusus makhluk hidup dengan karakteristik habitatnya? jelaskan!4.) Tuliskan 4 contoh cara makhluk hidup b eradaptasi dengan lingkungannya!5.) Jelaskan makna proklamasi kemerdekaan!6.) Jelaskan manfaat persatuan dan kesatuan untuk kesejahteraan rakyat NKRI!7.) selesaikan soal-soal di bawah ini Perhatikan tabel nilai IPA siswa kelas 6 SDN nusantara berikut!a. Nyatakan dalam bentuk pecahan jumlah siswa yang mendapat nilai 10!b. Nyatakan dalam bentuk persen jumlah siswa yang mendapat nilai 10!c. berapa rasio jumlah siswa yang mendapat nilai 10 dibandingkan siswa yang mendapat nilai 7?8.) a. perbandingan siswa laki-laki dan siswa perempuan di kelas 6 SD nusantara adalah 4 : 5 Jika jumlah siswa laki-laki adalah 13 orang berapa jumlah siswa perempuan?b. perbandingan jumlah gula dan tepung Untuk membuat satu loyang kue adalah 2 : 3 gelas jika Ibu ingin membuat 5 loyang kue berapa gelas tepung yang diperlukan?c. perbandingan umur ayah ibu dan anak 9 : 8 : 2 jika umur anak 10 tahun berapa jumlah umur ketiganya?d. 1,5 liter bensin dapat menempuh jarak sejauh 30 km berapa jarak yang dapat ditempuh dengan bensin sebanyak 6 liter? e. suatu minuman dibuat dengan mencampur air sirup dan santan dengan perbandingan 2 : 3 : 4 jika Ibu ingin membuat minuman sebanyak 4 liter Berapa liter santan yang diperlukan?


Kalimat efektif merupakan bentuk ideal kalimat dalam Bahasa Indonesia. Hal ini karena kalimat efektif dianggap mampu membantu penulis dalam menyampaikan aspirasinya kepada para pembaca dengan efektif dan efisien. Hal ini tentunya tidak terlepas dari sifat kalimat efektif yang tidak bertele-tele. Selain itu, penulisan kalimat efektif yang sesuai dengan kaidah penulisan dalam Bahasa Indonesia juga menjadikan kalimat ini sebagai bentuk kalimat yang disarankan penggunaannya.


Pada kesempatan ini, soal menyajikan kita dengan beberapa pertanyaan. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut satu per satu.


1.) Apa yang kamu ketahui tentang kalimat efektif? Tuliskan ciri-ciri kalimat efektif!

Jawaban:

Kalimat efektif merupakan kalimat yang mampu membantu penulis untuk menyampaikan aspirasinya kepada pembaca dengan efektif dan efisien.

Ciri-ciri kalimat efektif:

- tidak bertele-tele

- ditulis sesuai dengan kaidah penulisan dalam Bahasa Indonesia

2.) Tuliskan 5 contoh kalimat efektif menggunakan kosakata baku!

Jawaban:

1. Saya pergi ke sekolah

2. Ibu memasak nasi di dapur.

3. Preside Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Korea Selatan.

4. Asian Games ke-18 berhasil diselenggarakan dengan lancar.

5. Indonesia bersiap menyambut Asian Para Games 2018.

3.) Apakah kaitan antara ciri khusus makhluk hidup dengan karakteristik habitatnya? jelaskan!

Jawaban:

Makhluk hidup melakukan adaptasi sesuai dengan tempat tinggalnya. Adaptasi terkadang berujung pada penyesuaian fungsi tubuh, misalnya untuk memperoleh makanan, bertahan dari suhu ekstrem, dan lain sebagainya. Misalnya, jerapah mengembangkan leher yang panjang untuk memperoleh daun dari pohon-pohon yang tinggi.

4.) Tuliskan 4 contoh cara makhluk hidup b eradaptasi dengan lingkungannya!

Jawaban:

- Ikan mengembangkan sirip dan ekor untuk bergerak luwes di air.

- Ikan mengembangkan bagian atas tubuh yang berwarna gelap agar sulit terlihat predator dari udara dan bagian bawah berwarna cerah agar sulit dilihat predator dari dalam air.

- Jerapah mengembangkan leher panjang untuk memperoleh makanan dari pohon tinggi.

- Burung mengembangkan bentuk paruh yang sesuai dengan karakter makanannya.

5.) Jelaskan makna proklamasi kemerdekaan!

Jawaban:

Proklamasi kemerdekaan bermakna bahwa kita telah merdeka secara fisik dari penindasan bangsa lain dan kita berhak untuk mengatur diri kita sendiri.

6.) Jelaskan manfaat persatuan dan kesatuan untuk kesejahteraan rakyat NKRI!

Jawaban:

Dengan adanya peresatuan dan kesatuan di antara seluruh warga negara, kita dapat bekerja sama untuk meraih kesejahteraan rakyat.

7.) selesaikan soal-soal di bawah ini Perhatikan tabel nilai IPA siswa kelas 6 SDN nusantara berikut!a. Nyatakan dalam bentuk pecahan jumlah siswa yang mendapat nilai 10!b. Nyatakan dalam bentuk persen jumlah siswa yang mendapat nilai 10!c. berapa rasio jumlah siswa yang mendapat nilai 10 dibandingkan siswa yang mendapat nilai 7?

Jawaban:

- (data tidak tersedia)

8.) a. perbandingan siswa laki-laki dan siswa perempuan di kelas 6 SD nusantara adalah 4 : 5 Jika jumlah siswa laki-laki adalah 13 orang berapa jumlah siswa perempuan?

Jawaban:

Siswa laki-laki (l) : siswa perempuan (p) = 4 : 5

JIka l = 13, maka p = 5l/4 -> p = (5x13)/4 = 16,25 atau jika dibulatkan 16 orang.

Dengan demikian, jumlah siswa perempuan adalah 16 orang.

b. perbandingan jumlah gula dan tepung Untuk membuat satu loyang kue adalah 2 : 3 gelas jika Ibu ingin membuat 5 loyang kue berapa gelas tepung yang diperlukan?

Jawaban:

Untuk membuat 5 loyang kue, maka ibu membutuhkan 5 kali lipat jumlah tepung yang dibutuhkan untuk membuat 1 loyang kue.

Dengan kata lain, ibu membutuhkan 5 x 3 porsi tepung atau 15 porsi.

c. perbandingan umur ayah ibu dan anak 9 : 8 : 2 jika umur anak 10 tahun berapa jumlah umur ketiganya?

Jawaban:

Ayah : ibu : anak = 9 : 8 : 2

Anak = 10 tahun

Ibu = (8 x usia anak)/2 = (8 x 10) /2 = 40

Ayah = (9 x usia anak)/2 = (9 x 10) /2 = 45.

Umur ketiganya = 10 + 40 + 45 = 95 tahun.

d. 1,5 liter bensin dapat menempuh jarak sejauh 30 km berapa jarak yang dapat ditempuh dengan bensin sebanyak 6 liter?

Jawaban:

Jarak yang dapat ditempuh dengan bensin sebanyak 6 liter adalah:

Jarak = (6/1.5) x 30

Jarak = 4 x 30

Jarak = 120 km

Dengan demikian, jarak yang dapat ditempuh dengan 6 liter bensin adalah 120 km.

e. suatu minuman dibuat dengan mencampur air sirup dan santan dengan perbandingan 2 : 3 : 4 jika Ibu ingin membuat minuman sebanyak 4 liter Berapa liter santan yang diperlukan?

Jawaban:

Tidak dapat dijawab karena kita tidak mengetahui volume minuman awal yang dijadikan patokan perbandingan air, sirup, dan santan.


Contoh lain:

https://brainly.co.id/tugas/9999992


Simpulan:

Kalimat efektif merupakan salah satu materi dalam Bahasa Indonesia, sementara rasio dalam pelajaran Matematika.


Kelas: VII

Mata pelajaran: Bahasa Indonesia

Kategori: Mendeskripsikan sesuatu

Kode kategori: 7.1.1

Kata kunci: kalimat efektif, perbandingan


6. KAK TOLONG DONG KAK JAWAB LAH PERTANYAAAN INIIIIIII SEGERRRAAAAA KELAS 4 SD KL GK BISA JAWAB KERTELALUAN MEMECAHKAN MASALAH SEHARI HARI YANG MELIBATKAN PEERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN contoh sebuah lukisan berbentuk pesergi panjang dengan panjang 3/4 meter dan lebihanya 2/5 meter berapa m2 luas lukisan tersebut ! jawab : dik : p = 3/4 dan l = 2/5 ditanya : luas lukisan ? luas lukisan = panjang x lebar = 3/4 x 2/5 ( di coret wkwk hasilya = 3/2 x 1/5 = 3 /10 jadi luas lukisan tersebut adalah 3/10 m SOAL 1. Raisa memiliki uang sebesar Rp 42.000,00 sebanyak 1/4 bagian digunakan untuk membeli buku dan 2/5 bagian di gunakan untuk jajan berapa sisa uang yang dimiliki raisa ?


1/4 x 42.000 = 10500
2/5 x 42.000 = 16800
jumlah             27300

maka sisa uangnya adalah 42.000 - 27.300 = Rp. 14.700cara1
1/4x42000=10500
2/5x42000=16800
total uang kepakaia =27300
sisa uang=42000-27300=14700

cara2
1/4 ⁺ 2/5=13/20
20/20-13/20=7/20
sisa uang=7/20 x 42000=14700

7. Seorang guru yang bernama Suwarti mengajar Matematika di kelas IV SD. Dia mengajar topic tentang pecahan. Bu Suwarti menerangkan dan memberi contoh di papan tulis. Bu Suwarti mengatakan “lihat anak-anak, kalau menjumlahkan pecahan penyebutnya harus disamakan terlebih dahulu, kemudian pembilangnya dijumlahkan. Perhatikan contoh berikut: 1/4 + 2/3 = 4/12 + 3/12 = 7/12. Perhatikan lagi contoh ini: 1/4 + 1/2 = 1/4 + 2/4 = 3/4. Coba lihat yang dijumlahkan adalah pembilangnya, sedangkan penyebutnya tetap. Beginilah cara mencarinya. Anak-anak diam semua, Kemudian Bu Suwarti melanjutkan memberi soal kepada anak-anak dengan menuliskan 4 soal di papan tulis. Anak-anak pun mulai mengerjakan soal. Namun tidak semua anak mengerjakannya. Hanya beberapa anak yang kelihatan sedang mengerjakan soal, sedangkan yang lain, ada yang mengganggu teman sebelahnya, ada yang seolah-olah mengerjakan soal ternyata hanya menuliskan soal di buku, sedangkan bu Suwarti keluar kelas bercerita dengan teman guru yang lain. Setelah selesai, anak-anak soal dikumpulkan ke depan, kemudian Bu Suwarti menukarkannya ke pada siswa yang lain untuk dikoreksi. Salah seorang anak diminta menulis jawabannya di papan tulis. Tetapi jawabannya salah. Bu Suwarti tidak sabar, Bu Suwarti sendiri yang menulis semua jawaban di papan tulis. Kemudian anak-anak mengoreksi hasil jawaban temannya dengan melihat kunci jawaban di papan tulis. Ternyata hasilnya membuat Bu Suwarti kecewa karena dari 27 orang anak, hanya 3 orang yang benar 1 jawaban, dan 1 orang yang benar semua. Pertanyaannya: 1. Identifikasi 3 kelemahan pelajaran yang dilakukan Bu Suwarti dalam mengajarkan matematika, kemudian beri alasannya. 2. Bila Saudara yang menjadi bu Suwarti, bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan dalam proses pembelajarannya.


Jawaban:

1. - tidak sabaran

- terlalu terburu-buru

- kurang memperhatikan anak-anak yang tidak mengerjakan

2. Sebelum memberi soal seharusnya ditanya terlebih dahulu muridnya, apakah sudah paham atau belum, jika belum dijelaskan lagi bagian yang belum paham, jika sudah baru dilanjutkan memberi soal. Setelah itu mulai memperhatikan anak-anak yang sepertinya kesusahan mengerjakan dan mulai dibantu cara mengerjakannya, bukan memberi jawaban. Lalu saat mengoreksi jawaban seharusnya membiarkan anak menulis jawabannya terlebih dahulu, jika ada yang salah dijelaskan bagian yang salah, agar anak paham dan mengerti letak kesalahannya.

Penjelasan:

Semoga membantu


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Contoh Soal Pecahan Kelas 3 Sd"